Silsilah

MARGA SEBAGAI IDENTITAS
Berkaitan dengan Marga Batak Toba, sebelumnya telah diuraikan tentang:
      1.Marga sebagai identitas kelompok dari nenek moyang yang sama
      2 Asal Mula Munculnya Marga.
      3.Mangain, mengangkat seseorang atau sekelompok orang non Batak menjadi Marga si penerima.
      4. Mangampu, menerima seseorang menjadi Marga/Boru Batak berkaitan dengan perkawinan.

Selanjutnya bahwa:  Pusuk Buhit lebih tepat dikatakan sebagai asal mula munculnya marga-marga Batak, bukan sebagai asal mula suku Batak (Toba), karena jauh sebelum bermukim di Sianjurmula-mula (di kaki Pusuk Buhit), sejak abad SM, Batak telah dikenal sebagai suku pribumi Sumatra.

Sehubungan dengan MARGA pada sejarah dan tradisi Suku Karo, Toba dan Simalungun sebagai berikut:
  1. Merga Silima di Suku Karo pada awal mulanya tidak "semua" dari satu nenek moyang, tetapi pembentukan kelompok masyarakat dengan identitas pemersatu, yaitu Merga. Selanjutnya Merga ini dipakai sebagai nama keluarga turun-temurun dari keturunan identitas kelompok tersebut.
  2. Pemahaman Suku Toba bahwa marga-marga Toba berasal dari satu leluhur Si Raja Batak. Tetapi terdapat juga adat "mangampu" dan "mangain" untuk mengangkat seseorang yang bukan keturunan marga menjadi anggota marga dan tradisi ini ada sampai kini. 
  3. Bagi suku Simalungun: "Sin Raja sini Purba, Sin Dolog sini Panei, Naija pe lang marubah, asal na marholong atei.”  Terjemahannya: Dari Raya atau dari Purba, dari Dolog atau dari Pane, dari manapun asalnya tidaklah dipermasalahkan, yang penting saling mengasihi.  Sebagaimana sejarah mencatat bahwa Marga dari Toba Samosir yaitu Silau Raja, Ambarita Raja, Limbong & Manik awalnya sebagai kaum pendatang yang membaur menjadi marga-marga di Simalungun. Mereka diterima sebagai salah satu marga di Simalungun (Damanik, Purba, Sinaga, Saragih).
Dari informasi di atas, dalam sejarah, tradisi atau adat Suku Karo, Toba dan Simalungun bahwa merga atau marga-marga tidak selalu berasal dari satu leluhur yang sama. Keturunan dari suku lain dapat diterima sebagai merga atau marga bagi sukunya, sebagai bagian dari keluarga "merga atau marga." 

Marga sebagai identitas untuk mengetahui posisi dalam tutur kekerabatan dan adat, bukan sebagai kasta, tingkat derajat, status sosial atau superioritas satu dengan lainnya.   

RAJA SISINGAMANGARAJA I-XII

Tugu Makam Raja Sisingamangaraja X dan XI di Lumban Raja, Bakara (Foto 2010)


Inilah nama-nama Raja Sisingamangaraja I - XII dari Bakara :
Sisingamangaraja I       Raja Manghuntal Sinambela
Sisingamangaraja II      Ompu Raja Tinaruan Sinambela
Sisingamangaraja III     Raja Itubungna Sinambela
Sisingamangaraja IV    Tuan Sorimangaraja Sinambela
Sisingamangaraja V     Raja Pallongos Sinambela
Sisingamangaraja VI    Raja Pangulbuk Sinambela
Sisingamangaraja VII   Ompu Tuan Lombut Sinambela
Sisingamangaraja VIII  Raja Ompu Sohalompoan Sinambela
Sisingamangaraja IX    Raja Ompu Sotaronggal Sinambela
Sisingamangaraja X     Raja Si Lompo Ompu Sinambela 
                                        (Ompu Tuan Nabolon Sinambela)
Sisingamangaraja XI    Raja Ompu Sohahuaon Sinambela
Sisingamangaraja XII   Raja Patuan Bosar  Sinambela
    (Raja Ompu Pulo Batu Sinambela)

GURU PATIMPUS


Silsilah Keluarga Guru Patimpus 


Guru Patimpus, adalah cucu dari Sisingamangaraja I, Raja Manghuntal dari Bakara. Menurut Riwayat Hamparan Perak sebagai berikut: "Alkisah kata sahibul hikayat suatu cerita dahulu kala seorang Raja bernama Singa Mahraja memerintah di negeri Bakerah." (Singa Mahraja dimaksud adalah Sisingamangaraja dan negeri Bakerah adalah Negeri Bakara).
Sisingamangaraja I mempunyai dua putra, Tuan Mandolang, putra I, terpilih menjadi Sisingamangaraja II menggantikan ayahnya.  Putra kedua, Tuan Si Raja Hita perpamitan dan meminta doa restu kepada ayahnya Sisingamangaraja I untuk pergi ke negeri lain,  bersama pengikutnya bermaksud untuk mendirikan kerajaaan baru. Bertahun ia berjalan sampai di Gunung Si Bayak (Gunung Sibayak), dataran tinggi Karo, dan dibuatlah nama kampung itu Karo Sepuluh Dua Kuta.
Tuan Si Raja Hita mendirikan beberapa kerajaan untuk anaknya Pakan dan Balige, tetapi Timpus putra sulungnya tidak bersedia menjadi Raja dan lebih suka berpetualang mencari dan mengadu ilmu, ia kemudian dipanggil orang Guru Patimpus.*
Guru Patimpus menikah dengan putri raja Ketusing. Dari pernikahan ini lahir enam putra, dan satu putri (putri ini dinikahkan dengan Raja Tangging).  Setiap lahir putra dibukanya kampung yang diberi nama sesuai nama anaknya yaitu: Benara, Kuluhu, Batu, Salahan, Paropa dan Liang Tanah.
Guru Patimpus mendengar bahwa di Karo terjadi huru-hara. Dia datang ke Karo dan tiba di Ajei Jahei. Dia mendamaikan raja-raja yang bertikai, dan kemudian tinggal dan menikah di sana, lahirlah putranya pertama, Si Gelit, dan kedua Si Jahei yang menjadi raja di Ajei Jahei.
Guru Patimpus menikah lagi dengan putri Kepala Pulau Berayan bermarga Tarigan, dan setelah itu ia membuka dan mendirikan kota Medan sekitar tahun 1590, sebagai pusat pemerintahan kerajaannya dan dilanjutkan dengan putranya Hafiz Muda.
Jumat, 18 Mei 2012

SILSILAH BAKARA


Silsilah Si Raja Batak s/d Si Raja Oloan s/d Bakara

Dari Leluhur Si Raja Batak (sekitar tahun 1200-an), ke garis keturunan (sundut/dibaca suddut), Si Raja Oloan adalah generasi ke-5. Si Raja Oloan diperkirakan membuka Huta Bakara sekitar abad ke-14 awal (sekitar tahun 1320-an).  Dinamakan Bakara sesuai nama putra sulungnya dari Siboru Pasaribu (isteri kedua)

Bakara, generasi ke-6 dari Si Raja Batak, mempunyai tiga putra:
1. Bakara Dolok (Bakara Uruk)
2. Bakara Tonga (Bakara Tonga-tonga)
3. Bakara Toruan (Bakara Tinaruan) 

Beberapa keturunan Bakara menyebar (marserak) dan membuka komunitas atau huta (?) baru di Ambarita - Kabupaten Samosir; Parbuluan dan Sumbul - Kabupaten Dairi;  dan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.  
MUNCULNYA MARGA BATAK
Jika ditelusuri silsilah (tarombo) keturunan Si Raja Batak, marga belum muncul pada generasi putranya.  Penyandang marga kepada keturunannya, dimulai dari cucu si Raja Batak (generasi ke-3), putra ke 3, 4 dan 5 Guru Tatea Bulan.  Kemudian dari garis keturunan Raja Isumbaon baru muncul pada generasi ke-5 dari keturunan Tuan Sorbadijulu dan Tuan Sorbadibanua dan generasi ke-6 cucu dari Sorbadijae, sebagaimana pada uraian berikut:


Munculnya Marga Batak
pada Silsilah Si Raja Batak

Generasi 1  :  Si Raja Batak,
:
Generasi 2  :  Putra Raja Batak
                    1. Guru Tatea Bulan,                    2. Raja Isumbaon 
Generasi 3  :   Putra dari Guru Tatea Bulan:            Putra dari Raja Isumbaon:
1.  Raja Biak-biak                         1.   Sorimangaraja            
2.  Saribu Raja                             2.   Raja Asiasi
3.  Limbong                                 3.   Sangkar Somalidang
4.  Sagala                                   Keterangan:Raja Asiasi  dan Sangkar Somalidang pergi
5.  Malau                                    merantau tidak menurunkan marga Batak.
Generasi 4 :                                                        Putra Sorimangaraja:
                                                                           1.  Raja Sorbadijulu (Nai Ambaton)
                                                                           2.  Raja Sorbadijae (Nai Rasaon)
                                                                           3.  Tuan Sorbadibanua (Nai Suanon)
Generasi 5 :                                                       Cucu Sorimangaraja dari
                                                                         1. Keturunan Sorbadijulu:
                                                                             1. Simbolon
                                                                             2. Tamba
                                                                             3. Saragi *)
                                                                             4. Munte *)
                                                                         2. Keturunan Sorbadijae **)
                                                                             - Mangatur  
                                                                             - Mangarerak
                                                                         3. Keturunan Tuan Sorbadibanua
                                                                             1. Sibagot Ni Pohan (Pohan)
                                                                             2. Sipaettua
                                                                             3. Silahi Sabungan (Silalahi)
                                                                             4. Si Raja Oloan
                                                                             5. Si Huta Lima
                                                                             6. Si Raja Sobu (Sobu)
                                                                             7. Naipospos
Generasi 6 :                                                       Keturunan dari Raja Mangatur               
                                                                             1. Sitorus
                                                                             2. Sirait
                                                                             3. Sibutar (Butar-butar)
_______________________________________________________________________________

Keterangan :  Warna Merah sebagai awal munculnya marga 
Catatan       :  Perlu masukan dan diluruskan karena terdapat perbedaan pendapat, yaitu: 
                      *)  antara Saragi dan Munte (siapa yang siampudan?)
                      **) Menurut sumber lain: 
                          a) Sorbadijae disebut juga Raja Mangarerak mempunyai putra R. Mardopang;
                          b) Pendapat lain: Putra Sorbadijae bernama Raja Mangarerak, dari putra ini lahir 
                              Manurung
_______________________________________________________________________________

Mengapa demikian? Adanya marga-marga ini bermula dari "konflik" internal keluarga Guru Tatea Bulan, yakni pada "turi-turian" tentang incest Saribu Raja dengan saudari kembarnya  Siboru Pareme, sehingga adik-adiknya Limbong, Sagala dan Malau bersepakat agar peristiwa ini tidak terulang kembali pada keturunannya.  

Begitu juga incest antara Siboru Pareme dengan putranya Si Raja Lontung, di mana Si Raja Lontung tidak mengetahui bahwa wanita yang dijumpainya adalah ibu kandungnya sendiri. Oleh karena itu maka dipesankan: "Jolo tinitip sanggar bahen huru-huruan, jolo sinungkun marga asa binoto partuturan," *)

"Kemungkinan" kisah di belahan Guru Tatea Bulan ini sebagai latar belakang dan "isyarat" untuk tidak terjadi "perkawinan" sedarah, sehingga perlu "marga" **) sebagai identitas melekat pada suatu garis keturunan yang sama, dan tradisi ini diikuti juga oleh pihak keturunan Raja Isumbaon yang bermula pada generasi ke-5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Batak

Batak

Translate